Beberapa Hal Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Genset

Anda pasti sudah tidak asing dengan genset dan fungsinya. Mengetahui genset dan fungsinya tidak cukup jika Anda ingin membeli genset yang tepat. Dibutuhkan pengetahuan tambahan untuk menambah pertimbangan. Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai genset juga akan membuat Anda memahami beragam hal terkait kapabilitas, perawatan (maintenance), servis, risiko keamanan, merek, dan mesin genset.

Beberapa Hal Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Genset

Jenis Genset Berdasarkan Kegunaan

Terdapat beragam jenis genset yang ada di pasaran. Namun hanya terdapat 2 jenis genset yang cocok digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga. Berikut adalah ke-2 jenis genset tersebut.

  1. Genset Standby

Genset standby merupakan genset yang paling umum digunakan. Genset ini digunakan sebagai sumber listrik ketika terjadi mati lampu atau gangguan listrik lain. Kekuatan atau power generator standby harus cukup untuk menghidupkan beragam perangkat elektronik di rumah. Terdapat perhitungan spesifik untuk menentukan berapa jumlah energi yang dibutuhkan dari genset untuk menghidupkan seluruh perangkat elektronik tersebut.

  1. Genset Portable

Genset portable merupakan genset yang mudah untuk dibawa atau dipindah tempat. Genset ini cocok untuk dijadikan sumber listrik ketika berkemah atau digunakan untuk situasi emergensi ketika berada di luar (outdoor). Bentuk genset portable kecil dan bisa dimasukkan ke mobil. Generator portable dengan mesin diesel dan gas merupakan dua jenis generator yang paling banyak digunakan.

2 Pertimbangan Umum Sebelum Membeli Genset

Pada umumnya terdapat 2 pertimbangan umum sebelum membeli genset. Ke-2 petimbangan tersebut merupakan pertimbangan yang tidak sulit dipikirkan atau dihitung. Berikut adalah ke-2 petimbangan tersebut.

  1. Bentuk dan Ukuran

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk menyimpan genset besar, maka jangan memaksa meskipun genset berukuran besar memang memiliki kekuatan yang besar. Genset yang besar pun lebih mahal dan kurang mobile. Pilihlah genset yang sesuai dengan kebutuhan dan ruang yang tersedia. Memilih genset dengan ukuran yang tidak hanya berakibat kekurangan power (kekecilan) tetapi dapat menimbulkan risiko keamanan (kebesaran).

  1. Power (Kekuatan)

Menyesuaikan kebutuhan power dengan power genset adalah kewajiban. Tidak efektif jika Anda membeli genset yang kelebihan atau bahkan kekurangan power. Indikator sederhana untuk melihat power adalah satuan watt atau kW (kilowatt). Selain KW ada juga satuan kVA (kilo volt ampere). Untuk mendapatkan hitungan power yang aman, Anda sangat direkomendasikan untuk melebihi sedikit power untuk mengantisipasi dinamika yang mungkin terjadi.

Pengertian KVA dan Bedanya dengan KW

Ketika melakukan browsing jenis-jenis genset, Anda pasti tidak asing dengan produk jual genset yanmar 50 kva atau jual genset honda 50 kw. Keduanya sama-sama menggunakan satuan power. Lalu apa bedanya? kVa menunjukkan penggunaan power secara menyeluruh (sistemik). Misalkan genset dengan 100 kVa memiliki power sebesar 100. Tetapi sistem kelistrikan tidak selalu berfungsi efisien.

Dari 100 kVA tersebut power yang digunakan sesungguhnya tidak semuanya. Berbeda dengan kVA, watt atau kW merupakan power yang dapat digunakan. Dengan menggunakan bahasa lain, kW yang tercantum pada genset daat digunakan sepenuhnya, misalkan kW 100 maka energi yang digunakan juga berjumlah 100. Jumlah kVA pada genset selalu lebih besar dari jumlah kW.

Analogi lain dapat digunakan, misalkan Anda sedang mengecek produk yang mencantumkan jual genset 50 kVA Surabaya. Genset yang dijual memiliki 50 kVA yang dianggap sebagai total energi plus energi yang tidak digunakan. Sementara energi yang digunakan tersebut merupakan 40 kW. Hitungan sederhananya, jumlah kW ditambah energi yang tidak digunakan tersebut menjadi kVA (total energi yang tersedia).

About The Author
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *