Bluetooth – Sebuah Prestasi Terbaru dalam Teknologi Seluler!

Bluetooth adalah teknologi jaringan yang terutama diciptakan untuk menghilangkan penggunaan kabel atau kabel untuk mendapatkan konektivitas antara dua perangkat. Mereka tidak membutuhkan catu daya yang besar yang dianggap sangat ideal untuk perangkat berbasis baterai seperti ponsel. Teknologi baru ini tergantung pada dua hal yaitu teknologi frekuensi radio dan perangkat lunak protokol. Perangkat berkemampuan Bluetooth memiliki barang untuk mengirimkan data antara perangkat lain secara nirkabel.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan pada saat mentransmisikan data antara dua perangkat berkemampuan Bluetooth:

• Jumlah data yang akan dikirim
• Jenis komunikasi
• Frekuensi radio dll.

Mengapa teknologi nirkabel ini dikenal dengan nama aneh yang disebut “Bluetooth”?

Harald Bluetooth adalah nama raja Denmark yang memerintah Denmark pada tahun 1900-an. Dalam memori namanya, teknologi ini dinamai “Bluetooth”. Dialah yang mencoba untuk mengkonsolidasikan Denmark dan bagian dari Norwegia selama waktunya. Ini memiliki kemampuan untuk menawarkan koneksi antar perangkat seperti:

• Ponsel
• Laptop
• Komputer
• Printer
• Kamera digital
• Konsol Video Game dll.

Tujuan utama mendapatkan koneksi nirkabel antara perangkat-perangkat ini adalah transmisi data antara perangkat yang kompatibel. Teknologi ini telah dioperasikan dengan dukungan gelombang radio dengan frekuensi hingga 2,4 GHz. Ini dapat mendukung multi point, bukan hanya point to point. Anda dapat menggunakan teknologi ini di area terbatas 10 hingga 15 meter. Teknologi nirkabel ini dapat menawarkan kecepatan transmisi data hingga 1 hingga 2 MB per detik. Anda dapat berbicara secara nirkabel dengan headset Anda atau mendengarkan MP3 Anda dengan satu set headphone stereo nirkabel Bluetooth dan juga, mendapatkan gambar favorit Anda ke PC Anda untuk diedit atau mengirimnya langsung ke printer tanpa koneksi kabel.

Teknologi ini dirancang untuk memiliki konsumsi daya yang sangat rendah. Kami dapat menghubungkan berbagai perangkat di berbagai platform dan dapat mengharapkan lebih banyak kecepatan terutama di masa mendatang.

Keuntungan lain Bluetooth adalah dapat mendeteksi dan berkomunikasi secara otomatis dengan perangkat Bluetooth lain tanpa input pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *