Faktor-Faktor yang Harus di Perhatikan saat membersikan sarang burung walet

Diposting pada

 

download suara walet Kegiatan renovasi lokasi tinggal harus menyimak kondisi, keamanan, dan kenyamanan walet. Waktu renovasi usahakan dilaksanakan mulai pukul 09.00 ketika walet sudah terbit mencari pakan dan dihentikan pada senja hari sebelum walet kembali, yakni pukul 15.00. Saat yang tepat guna renovasi lokasi tinggal yaitu musim kemarau. Lama renovasi pada lokasi tinggal walet yang sudah berproduksi usahakan tidak boleh melebihi 1 minggu supaya tidak mengganggu pertumbuhan populasi burung. Sesudah perbaikannya, usahakan lokasi tinggal tersebut didiamkan sekitar 2—3 bulan supaya walet bisa beradaptasi dengan situasi yang baru.

Faktor-Faktor yang Harus di Perhatikan dalam Renovasi Walet

Renovasi lokasi tinggal harus dilaksanakan dengan hati-hati. Apabila telah bobrok maka dinding direnovasi dengan teknik menambahkan dinding baru di luar rumah. Kegiatan pencampuran semen dan pasir dilaksanakan di luar rumah. Pembongkaran dinding yang lama mesti dilaksanakan dengan paling hati-hati. Renovasi pada atap yang tidak bersangkutan dengan plafon dapat dilakukandengan segera sebab tidak bersangkutan langsung dengan walet. Namun, renovasi pada atap yang bersangkutan dengan plafon mesti dilaksanakan dengan hati-hati.

Pengerjaan merombak dan mengubah atap dengan yang baru juga diupayakan melulu dalam jangka sehari untuk. Bila perlu, di atas plafon diblokir dahulu dengan karpet hitam supaya sinar tidak masuk. Apabila peralihan plafon tidak selesai sekitar satu hari maka lubang pada plafon mesti ditutupi dengan papan lama, walaupun hanya ditaruh saja tanpa dipaku.

Untuk penggantian lagur, usahakan dibuka dari unsur yang tidak mempunyai sarang. Jika seluruh lagur telah mempunyai sarang maka penggantiannya mesti dilaksanakan secara bertahap. Lagur yang mempunyai sarang baru dengan jumlah telur melulu satu perlu tidak dipedulikan dahulu hingga jumlah telur menjadi dua buah. Penggantian lagur hanya dilaksanakan pada sarang yang kosong atau sarang yang sudah mengandung dua telur dengan terlebih dahulu memanen semua sarang tersebut.

Apabila di dalam sarang ada piyik,penggantian lagur pun dilaksanakan setelahpiyik dapat terbang. Lagur yang baru dipasang diberi sarang imitasi dengan posisi sama dengan sarang yang sudah dipanen pada lagur yang sudah diganti. Agar walet merasa nyaman dan tidak panik, usahakan sarang dan lagur baru dipancar dengan parfum walet atau memakai SWO2 dan dijemur terlebih dahulu.

Renovasi pada lokasi tinggal walet yang melulu terdiri dari satu ruangan (loss) perlu memakai tirai kain guna menyekat antarbagian yang direnovasi dan unsur yang tidak sampai-sampai tidak mengganggu seluruh penghuni lokasi tinggal walet. Bila renovasi sudah selesai, tirai itu dapat digeser ke arah yang bakal diperbaiki. Dengan demikian, renovasi dapat dilaksanakan secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *