Google Scholar Indonesia: Mencari Jurnal Di Google Scholar

Google Scholar Indonesia sering dikatakan oleh beberapa orang yang tentunya paham mengenai fungsi atau kegunaannya, biasanya yang paham mengenai fungsi karya google ini yaitu seorang mahasiswa, dosen atau guru, sebab disana kita sanggup mencari jurnal dan bahkan sanggup menemukan banyak sekali pola rujukan pelajaran baik dari luar negeri ataupun dalam negeri ( indonesia ), nah ada juga cara mencari jurnal disini, bagaimana langkah langkahnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Google Scholar Indonesia: Pengertian dan Fungsinya

Sebelum lanjut ke ulasan yang berikutnya, lebih baik Anda memahami apa itu google scholar, Google Scholar atau dalam bahasa indonesianya yaitu ” Google Cendekia ” yaitu salah satu layanan yang sanggup dimanfaatkan untuk mencari rujukan mengenai pelajaran luar negeri ataupun dalam negeri berupa Teks, dalam banyak sekali format publikasi yang berbeda beda, ini yaitu salah satu layanan edukasi buatan Google dan sudah dibentuk semenjak tahun 2004, didalamnya berisi kumpulan jurnal jurnal online yang sanggup Anda jadikan untuk refensi pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan Google Scholar

Ada beberapa kelebihan dari google scholar indonesia atau negara lainnya, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Kelebihan

Penyedia jurnal jurnal online dan file refensi bagi mahasiswa, dosen, pelajar atau guru bukanlah google scholar saja, ada juga yang lain ibarat Scopus, ternyata kelebihan dari produk google yang satu ini yaitu sanggup menemukan segala rujukan pendidikan dan ilmiah dengan sangat mudah, selain itu, kelebihan yang lainnya yaitu kita sanggup mengetahui jumlah sitasi pada setiap dokumen dengan cara online, sedangkan scopus hanya sanggup menghitung jumlah sitasi yang hanya ada di daftar scopus itu.

Kekurangan

Dibalik kelebihan niscaya ada kelemahannya, nah kelemahan dari google scholar yaitu saat kita menciptakan sebuah profile maka orang lain sanggup mengklaim dokumen yang padahal bukan miliknya sendiri atau sanggup disebut mencuri dengan cara mengakui bahwa itu milik dia, dan google scholar indonesia atau yang lainnya tidak akan memverifikasi hal itu, solusinya yaitu harus jujur dan dihentikan mengakui yang bukan milik kita, jadi kelemahannya yaitu di kemanan yang kurang ketat.

Tahukah Anda?

Ternyata kalau kita memakai Google Scholar indonesia dan saat kita sedang mencari dokumen baik berupa jurnal atau dokumen lainnya, ternyata sudah diplih yang terbaik oleh pihak google, jadi disana banyak sekali refensi terseleksi dan tidak asal dipublikasikan, tidak ibarat yang lainnya yang belum tentu mengutamakan kualitas dokumen yang dipublikasikan dan akan dijadikan refensi oleh semua orang dari banyak sekali negara yang beda salah satunya Indonesia.
Lalu bagaimana cara mencari jurnal di Google Scholar? Tenang saja kawan, ibarat judulnya yang mengutamakan cara mencari jurnal hanya dengan ini, Admin akan segera memperlihatkan triknya supaya Anda mendapat jurnal yang terbaik dan sudah terseleksi supaya sanggup dijadikan materi refensi yang berkualitas tinggi, bagaimana caranya? Yuk simak artikel dibawah ini:

Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

Cara disini yaitu mencari beberapa refensi yang menurut waktu kapan dipublikasikannya, caranya sangatlah gampang dan langkah langkahnya juga nggak terlalu banyak, simak hingga selesai janga hingga ada yang terlewatkan.

 

  • Pertama, Anda wajib login dan sudah mempunyai profile di situs Google Scholar Indonesia.
  • Langkah selanjutnya yaitu ketik kata kunci yang ingin Anda cari dan dijadikan sebagai materi refensi, misalnya ibarat ” Apa itu hukum? ” Undang Undang, dan lain lain.

 

  • Jika sudah diketik kata kunci yang Anda targetkan, maka selanjutnya yaitu pilih opsi Custom Range yang posisinya ada disebelah kiri, Anda tinggal memasukan rentang waktu, ibarat 2002 hingga tahun 2012.
  • Untuk mencari refensinya, tinggal klik “Search”
  • Maka akan ada banyak refensi berbentuk jurnal yang sesuai dengan kata kunci, rentang waktu yang Anda ketikkan sebelumnya, nah jurnal ini sanggup dari dalam negeri ( indonesia ) atau luar negeri, pilih saja yang Anda targetkan.
  • Jika sudah menemukan jurnal yang cocok, langkah terakhir Adalah mendownload jurnal tersebut kedalam bentuk Pdf yang sanggup Anda buka sewaktu waktu kalau itu dibutuhkan. Selesai…
Bagaimana, langkah langkah dan caranya sangat simple bukan?
Sumber Refrensi : DetikPedia
About The Author
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *