Tips Membersihkan Karpet Masjid Secara Manual

Tips Membersihkan Karpet Masjid Secara Manual – Karpet Masjid menjadi salah satu peralatan di dalam Masjid yang paling sering digunakan dan selalu bersentuhan langsung dengan kaki. Hampir setiap saat karpet selalu digelar dan digunakan sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan. Oleh karenanya karpet masjid  menjadi lebih mudah kotor, terlebih lagi banyaknya debu yang menempel karena selalu digelar karena pemakaiannya yang rutin setiap saat.

Tips Membersihkan Karpet Masjid Secara Manual

Dalam islam, kebersihan adalah salah satu bagian dari iman, sehingga kebersihan selalu diutamakan di dalam masjid. Mulai dari peralatan sholat hingga karpetnya haruslah bersih mengingat peralatan yang akan digunakan untuk ibadah juga harus bersih dari hadas besar maupun hadas kecil. Lalu bagaimana membersihkan karpet masjid agar tetap bersih tanpa mencuci  seluruh karpet yang berat dan tebal.

Peralatan yang paling ampuh untuk membersihkan karpet Masjid

  1. Sebelumnya pastikan membeli karpet dengan tekstur yang mudah dibersihkan

Saat ini, produsen dan agen jual karpet masjid jakarta telah melakukan inovasi berupa produksi karpet yang mudah dibersihkan. Karpet di produksi dari bahan fiber yang halus dan lembut sehingga debu  yang menempel akan mudah tersapu atau bisa juga dibersihkan hanya dengan cara mengepak-ngepakkan karpet  menggunakan peralatan sederhana sehingga debu-debu disela-sela serat bulu bertebaran keluar.

  1. Gunakan sapu lidi

Biasanya untuk membersihkan noda di lantai, kita akan lebih memilih menggunakan sapu ijuk atau sapu lantai umumnya. Akan tetapi sapu ijuk maupun sapu lantai tidak akan optimal dalam membersihkan noda atau debu pada karpet masjid. Sebaiknya menggunakan sapi lidi atau sapu khusus karpet karena debu yang menempel tidak akan menghilang dengan optimal jika dibersihkan dengan permukaan yang halus.

  1. Manfaatkan peralatan canggih seperti vacuum cleaner

Sapu lidi hanya dapat membersihkan debu saja namun tidak dapat membersihkan karpet yang terkena noda . sehingga untuk membersihkan karpet yang terkena noda dibutuhkan alat yang lebih modern seperti vacuum cleaner. Vacuum cleaner dapat menyedot noda berupa air yang membasahi dan melekat pada permukaan karpet. Selain itu, vacuum cleaner juga dapat mengeringkan karpet dengan cepat.

Penggunaan vacuum cleaner memang lebih sering digunakan untuk membersihkan karpet karena selain lebih mudah, efisien dan debu tidak bertebaran. Akan tetapi tidak semua karpet bisa dibersihkan memakai vacuum cleaner. Karpet dengan kualitas buruk tentunya akan membuat karpet rusak karena bulu karpet tersedot. Jual karpet masjid di jakarta menyediakan karpet bulu  berkualitas dan kuat.

  1. Menggunakan alat pukul sederhana

Menggunakan alat gebukan yang biasa digunakan untuk menggebuk kasur zaman dahulu juga sangat ampuh untuk menghilangkan debu pada karpet masjid. Akan tetapi penggunaan alat ini juga lebih rumit aren akarpet harus dipindahkan ke luar dan diletakkan di ruangan terbuka di bawah sinar matahari. Setelah itu karpet digantungkan pada tiang yang kuat kemudian dipukul sampai debu keluar.

About The Author
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *