Tips Merawat Karpet Masjid

Tips Merawat Karpet Masjid Agar Ibadah Lebih Khusyuk

Diposting pada

Tips Merawat Karpet Masjid – Karpet masjid merupakan salah satu hal penting yang harus di perhatikan karena berhubungan dengan fungsinya sebagai alas untuk beribadah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika karpet selalu di rawat dan dibersihkan secara berkala agar nyaman untuk digunakan saat beribadah.

Tips Merawat Karpet Masjid

Kebersihan merupakan sebagian dari iman sehingga kebersihan masjid perlu dijaga agar para jamaah dapat berkonsentrasi saat beribadah.  Selain itu, apabila karpet bersih maka para jamaah  akan senang dan betah berlama – lama di masjid, apalagi ditambah dengan motifnya yang cantik. Berbagai variasi motif dapat Anda dapatkan di toko jual karpet masjid Jakarta.

Tips Merawat Karpet Masjid

Seiring berkembanganya zaman maka kini banyak variasi karpet masjid dengan beragam motif dan ketebalan karpet yang berbeda – beda. Sangat disayangkan apabila karpet yang bermotif bagus, tebal dan indah jika tidak dirawat. Tentu karpet akan kotor, penuh dengan debu, kusam dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Oleh karena itu, kebersihan karpet masjid harus selalu dijaga agar para jamaah nyaman dalam beribadah. Selain itu, dengan perawatan yang rutin dapat menjaga karpet agar awet dan tahan lama. Banyak sekali variasi motif karpet masjid yang ditawarkan di berbagai toko yang jual karpet masjid Jakarta. Sangat disayangkan bila karpet bermotif bagus namun tidak terawat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat karpet masjid:

Dibersihkan menggunakan vacuum cleaner secara berkala

Anda disarankan untuk membersihkan karpet masjid menggunakan vacuum cleaner 2 minggu sekali. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda menggunakan  vacuum cleaner untuk membersihkan daerah yang permukaannya kasar.

Mencegah karpet agar tidak bersuhu lembab

Saat karpet lembab dapat memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan bau yang tidak sedap pada karpet. Solusinya adalah dengan memberikan rubber pada area tempat wudhu hingga ke masjid yang juga dilapisi handuk. Tujuannya adalah agar setiap orang yang masuk kakinya kering.

Hindari membawa makanan ke masjid

Anda dianjurkan untuk tidak membawa makanan basah ke dalam masjid. Hal ini untuk mengantisipasi agar karpet tidak kotor karena makanan yang basah dapat menimbulkan bau tidak sedap pada karpet.

Contohnya adalah saat Anda membawa kopi, teh atau makanan yang basah seperti bubur  maka saat tumpah bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air, diperas dan diusapkan pada bagian karpet yang basah tadi dengan cara ditekan. Usahakan agar tidak diputar agar tidak menyebar ke bagian samping kanan kirinya.

Lalu, langkah selanjutnya adalah karpet dibiarkan hingga kering. Setelah kering Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran yang bersumber dari makanan atau minuman tadi.

Mencegah terjadinya gesekan antara karpet dengan benda keras

Anda dianjurkan untuk tidak menggoreskan benda keras pada karpet karena dapat membuat tampilan karpet menjadi kurang bagus karena goresan tadi akan membekas pada karpet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *